;

Ads

16 Feb 2012

Tips Microsoft Excel : Membuat Tombol Pilihan

16 Feb 2012

Dalam beberapa kasus, ketika Anda bekerja dengan Microsoft excel akan lebih mudah jika Anda menggunakan tombol pilihan. Dan dalam kasus lainya Anda harus menggunkan tombol pilihan. Contoh Penggunaan tombol pilihan pada microsoft excel misalnya ketika Anda membuat form atau Anda membuat lembar kerja yang didalamnya terdapat beberapa piliha yang harus digunakan.

Tombol pilihan atau Option Button pada Microsoft Excel 2007/2010 terletak pada Tab Developer di grup Controls.

Biar tidak membingungkan langsung aja ke contoh Membuat Tombol Pilihan, misalnya Anda akan berangkat ke tempat kerja Anda dengan menggunakan pilihan kendaraan Mobil, Motor atau Bus maka untuk membuat tombol pilihan pada microsoft excel adalah sebagai berikut :

  1. Dari contoh kasus diatas buatlah format seperti berikut :


    Berdasarkan format diatas kita akan mebuat tombol pilihan atau Option Button pada sel B4, B5 dan B6
  2. Pada Grup Controls di tab Developer klik Insert dan pilih tombol pilihan atau Option Button pada Form Control.


    kursor atau penunjuk mouse akan berubah bentuk menjadi +
  3. Dalam keadaan penunjuk mouse berbentu +, klik kiri pada sel B4 dan akan muncul tombol pilihan seperti gambar berikut :

    Hapus keterangan Option Button 1 karena tidak kita butuhkan. Kemudian arahkan mouse pada lingkaran-lingkaran kecil pada bingkai tombol pilihan tersebut sampai berubah bentuk dan sesuaikan lebar dan panjangnya dengan yang Anda butuhkan.

  4. Jika lebar dan panjangnnya sudah disesuaikan, kopi pastekan tombol pilihan tersebut ke sel B5 dan B6, atur posisinya sehingga menjadi seperti berikut :


  5. Tombol pilihan tersebut ketika diklik akan menghasilkan angka mulai dari 1. Maka dari itu Anda harus menentukan dimana meletakkan Angka tersebut ketika salah satu Tombol pilihan tersebut di klik. Misalnya Anda akan meletakannya di sel B7.
  6. Klik kanan pada salah satu tombol pilihan tersebut kemudian pilih Format Control sehingga muncul kotak dialog box seperti berikut


    Lihat pada Cell link dan klik pada kemudian klik sel B7 atau Anda bisa mengetikkan langsung. akhiri dengan klik OK.
  7. Untuk menampilkan hasil pilihan, apakah menggunakan Mobil, Motor atau Bus, bisa dengan menggunakan Fungsi IF atau Fungsi Vlookup (untuk mempelajari penggunaan Fungsi IF dan Fungsi VLOOKUP klik pada link tersebut). Misalnya kita akan menampilkan hasil pilihan kita pada Sel B9.
  8. Ketikkan Fungsi IF berikut pada sel B9  =IF(B7=1;C4;IF(B7=2;C5;C6)), maka ketika kita memilih tombol pilihan ke-2 tampilannya akan menjadi seprti berikut

Selamat Mencoba... !!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI KALUNGUSUS.BLOGSPOT.COM SEMOGA BLOG INI DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT BUAT ANDA

KALUNGUSUS - 22.00

0 comments:

Posting Komentar